Popular Post

Posted by : allan's daily Kamis, 30 Agustus 2012

Rana Kamera
          Kembali lagi ke fotografi. Yep. Gue udah menyelidiki tentang fotografi. ternyata teknis fotografi nggak mudah untuk dipahami. Banyak istilah dan kosakata baru yang harus gue tau. Tapi mau nggak mau, gue harus tau. Hal-hal yang udah w pelajari tuh : bagaimana teknis penggambilan gambar. foto itu dihasilkan oleh pembiasan cahaya. Kamera itu terbagi atas beberapa bagian, yang pertama adalah body. Body kamera dilengkapi oleh rana untuk menangkap cahaya masuk. Oleh karena itulah body didalam body kamera harus gelap.saat kita membuka rana cahaya itu akan masuk kedalam body kamera lalu di pantulkan ke media. Media itu akan terbakar atau terjadi pembiasan sehingga dapat menghasilkan gambar yang serupa dengan objek. Besar-kecilnya cahaya masuk dapat disesuaikan dengan mengatur diafragma. 
Diafragma Kamera
         Diafragma berbeda dengan rana. Kalau rana adalah penutup atau tirai pada kamera yang berguna untuk mengatur keluar-masuknya cahaya pada body kamera. sedangkan  diafragma adalah katup yang mengatur seberapa besar cahaya masuk.Gunanya diagfragma secara mendetail ialah untuk mencegah overexposure (keputihan karena terlalu banyak cahaya yang masuk) pada foto. 



Terus juga ada istilah resolusi kamera. Yaitu adalah ukuran pixel pada kamera. hahaha... masih belum jelas ya.. itu lho, gambar itu kan sebenarnya adalah titik-titik kecil yang saling berhubungan sehingga menjadi suatu bentuk. contohnya adalah televisi. Jika kamu mendekat ke layar televisi, maka akan terlihat titik-titik cahaya yang saling berhubungan. Nah, itulah yang di sebut dengan pixel. Pixel pada kamera akan mempengeruhi besar memori yang akan di pakai dalam menyimpan foto. Inilah yang disebut resolusi kamera. Semakin besar resolusi kamera, maka akan semakin besar pula memori gambar yang dihasilkan. Dan ini juga berkaitan dengan penggunaan lensa kamera.

Hmm.. karena waktu tak cukup dan billing udah nggak kuat, gue berhenti dulu sampe disini. Untuk pengetehuan tentang lensa kamera dan teknik pengambilan foto, akan gue posting di lain kesempatan.
JA Matta~



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Halaman Kijo - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -