Popular Post

Posted by : allan's daily Minggu, 16 September 2012

COSPLAY : Kegiatan Nyentik, Unik, Asik!

Tahu Cosplay nggak nih, Sayers! Itu lho, kalo kalian melihat sekumpulan orang dengan pakaian yang nyentrik dan tidak biasa (bukan bencong lho ya!) berarti kalian melihat Cosplayer, alias orang yang sedang ber-Cosplay. Tapi sayers!, para cosplayer itu nggak gampang ditemui di sembarang tempat. sebenernya apa sih Cosplay itu? Yok, kita bahas....

Cosplay itu kepanjangan dari Costum Players. Ini adalah hobi memakai pakaian dan aksesoris yang mirip dengan tokoh-tokoh dalam anime, mangga (komik jepang), video game ataupun film. Orang-orang yang biasa melakukan kegiatan tersebut bisa dipanggil Cosplayer.

Kenapa bisa ada Cosplay? Jadi gini nih, Sayers! Cosplay pada awalnya digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang ada di jepang untuk mempromosikan produk keluaran mereka. Orang-orang dibayar untuk bercosplay sesuai dengan icon produk tersebut. Lalu, Cosplay mulai berkembang ketika muncul band-band beraliran VK (Visual Key). Dimana para fans mulai bercosplay untuk meniru gaya pakaian para personilnya. Dan akhirnya Cosplay berkembang pesat saat anime (kartun jepang) dirilis.

Kegiatan ini kemudian menyebar ke berbagai negara termasuk di Indonesia. Pihak yang paling berperan dalam mempopulerkan kegiatan ini adalah Univ-Univ yang memiliki jurusan sastra Jepang nih, Sayers! Seperti UI (baca : Universitas Indonesia) Jur. Sastra Jepang yang rutin mengadakan acara tahunan Gelar Jepang UI. Kalo di Jepang nya sih biasa disebut Japan Matsuri. Untuk lebih lengkap tentang Japan Matsuri, Sayers! bisa coba browsing di internet. hehe

Sekarang sih, sudah banyak komunitas-komunitas Jepang beranggotakan cosplayer. Para cosplayer biasa unjuk gigi di event-event jepang yang dibuat oleh univ-univ atau beberapa asosiasi. Mereka bisa bercosplay secara tim atau sendirian. Cosplay juga ada lomba nya lho, Sayers! Dengan hadiah yang dijamin bikin ngiler deh. hehe. Ini nih, salah satu faktor yang membuat Komunitas Jepang semakin bertambah banyak. Tapi faktor utamanya bukan karena uang sih, Namun lebih kepada rasanya nyaman berkumpul dan menemukan eksistensi dirinya melalui kegiatan Cosplay.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Halaman Kijo - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -